BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 29 Desember 2009

Virus danTujuan Penyebarannya

virus adalah suatu program malware (malicious software atau software jahat) yang berkemampuan berkembang biak dan memanfaatkan program lain untuk menyebarkan dirinya. Temannya virus ada yg namanya worm. Worm bisa menyebarkan dirinya secara aktif, tanpa perlu bantuan manusia dalam melakukan eksekusi.Ukuran file worm biasanya lebih besar dibandingkan virus, maklum udah pnya engin sendiri untuk menyebarkan diri dan penyebaran utamanya melalui jaringan internet. Umumnya malware mengandalkan flasdis tanpa menumpang file host, jarang menyebar langsung via internet jadi dapat dikatakan semi worm. Kenapa mereka dibuat? malware (termasuk virus dan worm) dibuat dengan tujuan :

  1. Untuk memenuhi kepuasan batin.
  2. Membuktikan bahwa diri penciptanya hebat karena koding programnya sukar dikalahkan oleh orang lain.
  3. Pelepas rasa amarah sipencipta kepada orangyang telah meremehkan ataupun merugikannya. Dengan kata lain sebagai alat balas dendam.
  4. Adanya tingkah laku korban saat mengatasi malware tersebut yang dianggap lucu oleh pencipta
  5. Sumber penghasilan. kadang-kadang ada oknum yang menyebarkan virus yang hanya dapat ditanganinya sendiri, supaya orang lain mau membayarnya.
  6. Sebagai alat hacker untuk menguji dan memasuki suatu sistem jaringan komputer. Dalam hal ini, malware disertai prosedur untuk mambuka sistem keamanan komputer, entah prosedur untuk mematikan firewall ataupun prosedur untuk mengirim informasi rahasia kepada hacker, bahkan mungkin supaya komputer yang diserang malware tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan kata lain dijadikan komputer zombie oleh hacker tersebut.